Latar Belakang
Perkembangan dunia saat ini sangat cepat, baru saja memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia dan sekaramg dunia akan mengahapi era Society 5.0. Dalam masyarakat informasi (Society 4.0), pembagian informasi dan pengetahuan secara menyilang masih tidak cukup, dan juga kerja sama sulit untuk tercapai. Karena terdapat batas atas apa yang bisa dilakukan oleh seseorang, menemukan informasi penting dari informasi- informasi yang sangat berlimpah dan kemudian menganalisanya menjadi sebuah beban bagi seseorang, dan tenaga kerja juga cakupan aksi sangat dibatasi oleh faktor usia dan perbedaan kemampuan. Karena terdapat berbagai batasan, isu-isu masyarakat seperti angka kelahiran yang menurun (pada negara tertentu, khususnya Jepang), penuaan populasi, dan pengurangan populasi lokal, mengakibatkan respon terhadap isu-isu tersebut menjadi sulit. Perbaikan sosial dalam Society 5.0 akan mencapai masyarakat yang berfokus untuk melihat ke depan dan akan merobohkan stagnasi, sebuah masyarakat yang anggotanya memiliki rasa hormat satu sama lain, melampaui generasi- generasi, dan sebuah masyarakat yang setiap orangnya dapat memiliki hidup yang aktif dan menyenangkan.Masyarakat 5.0 adalah suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based) yang dikembangkan oleh Jepang. Konsep ini lahir sebagai pengembangan dari revolusi industri 4.0 yang dinilai berpotensi mendegradasi peran manusia.
Melalui Masyarakat 5.0, kecerdasan buatan (artificial intelligence) akan mentransformasi big data yang dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan (the Internet of Things) menjadi suatu kearifan baru, yang akan didedikasikan untuk meningkatkan kemampuan manusia membuka peluang-peluang bagi kemanusiaan.
Inovasi dalam Masyarakat 5.0 akan mencapai masyarakat berwawasan ke depan yang memecah rasa stagnasi yang ada. Masyarakat yang anggotanya saling menghormati satu sama lain, dan masyarakat di mana setiap orang dapat memimpin kehidupan yang aktif dan menyenangkan.
Dalam masyarakat informasi masa lalu (Society 4.0), orang akan mengakses layanan cloud (database) di dunia maya melalui internet dan mencari, mengambil, dan menganalisis informasi atau data.
Sementara itu, di Masyarakat 5.0, sejumlah besar informasi dari sensor di ruang fisik terakumulasi di dunia maya. Di dunia maya, data besar ini dianalisis oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), dan hasil analisisnya diumpankan kembali ke manusia dalam ruang fisik dalam berbagai bentuk.
Di Masyarakat 4.0, praktik umum adalah mengumpulkan informasi melalui jaringan dan menganalisisnya oleh manusia. Namun, dalam Masyarakat 5.0, orang, benda, dan sistem semuanya terhubung di dunia maya dan hasil optimal yang diperoleh oleh AI melebihi kemampuan manusia diberi feedback ke ruang fisik. Proses ini membawa nilai baru bagi industri dan masyarakat dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas dunia pendidikan. Melalui berbagai ajang perlombaan dan diskusi yang bersifat ilmiah. Sebagai sarana pengoptimalan kompetensi dan intelegensi siswa, pendalaman kajian keilmuan akademik serta peningkatan moralitas kemanusiaan secara universal.
Nama Kegiatan
Kegiatan ini kami beri nama Moment Of General Physics Education 2020 atau MOTOGPE 2020
Tema Sentral Kegiatan
Tema yang di angkat dalam acara ini adalah “Memajukan karakter dan penguatan mutu pendidikan guna melahirkan generasi yang kreatif dan kompetitif pada era society 5.0 ”.
Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan ini secara khusus:
1. Membangun karakter dari dalam khususnya untuk generasi penerus yang kreatif dan kompetitif pada era society 5.0
2. Memperkuat mutu pendidikan sehingga melahirkan sumber daya manusia yang inovatif, berpikir kritis dan kompetitif
3. Membentuk tenaga pendidik yang berkualitas dan berkarakter untuk mewujudkan peserta didik yang kreatif dan kompetitif pada era society 5.0
4. Meningkatkan interaksi sosial sebagai pengaplikasian pribadi yang berkarakter di era society 5.0
5. Meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan potensi guna menghasilkan pribadi yang berkarakter, kreatif dan kompetitif pada masyarakat
Waktu dan Tempat Kegiatan
1. Seminar Nasional Pendidikan Fisika
a). Seminar Nasional :
Waktu : Sabtu, 31 Oktober 2020
Tempat : Via Zoom
b). Seminar Pemakalah :
Waktu : Sabtu, 31 Oktober 2020
Tempat : Via Zoom
2. PHYSTON (Physics Competition)
Kegiatan ini terdiri dari 3 tahap yaitu penyisihan, semifinal dan final. Tahap penyisihan dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2020 bertempat di 12 rayon yang tersebar di Kalimanan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Babak semifinal dan final dilaksanakan tanggal 16-18 Maret 2020 bertempat di Student Activity Center (SAC) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahap semifinal dan final Physics Competition pada tahun ini terbagi menjadi 2 yaitu secara offline dan online dikarenakan pada tanggal 16 Maret 2020 keluar edaran dari Rektor mengenai pandemi COVID-19 dan larangan pengumpulan massa. Kegiatan semifinal dan final tingkat SD/MI /sederajat tetap dilaksanakan di Student Activity Center (SAC) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada 16 Maret 2020, sedangkan untuk tingkat SMP/MTs/sederajat dan SMA/MA/sederajat dilaksanakan secara online pada tanggal 23-24 Maret 2020 (semifinal) dan 30 Maret – 5 April 2020 (final).
3. Expo & Bazar
Waktu Pelaksanaan : 9-14 Maret 2020
Tempat Pelaksanaan : Parkir Belakang Dosen FKIP
4. Essam (Esai Mahasiswa)
Pendaftaran, pengiriman dan : 9 Desember 2019 – 14 Maret 2020 penerimaan naskah
Penilaian naskah : 15 – 19 Maret 2020
Pengumuman Pemenang : 20 Maret 2020
5. LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional)
a). Tahap Penyisihan
Tingkat SMA/Sederajat
Pendaftaran & pengiriman softcopy : 4 Desember 2019 – 21 Februari 2020
Penyeleksian naskah : 21 Februari 2020 – 5 Maret 2020
Pengumuman peserta yang lolos : 6 Maret 2020 tahap presentasi
Pengumuman peserta yang lolos : 14 Maret 2020 tahap video presentasi
Pengumpulan vidio presentasi : 14 Maret 2020 – 25 Maret 2020
Pengumuman pemenang : 30 Maret 2020
Tingkat Mahasiswa
Pendaftaran & pengiriman abstrak : 3 Desember 2019 – 21 Januari 2020
Pengumuman peserta yang lolos tahap : 22 Januari 2020 Full Paper
Pendaftaran & pengiriman Full Paper : 22 Desember – 7 Maret 2020
Pengumuman peserta yang lolos tahap : 14 Maret 2020 video presentasi
Pengumpulan vidio presentasi : 14 Maret 2020 – 25 Maret 2020
Pengumuman pemenang : 30 Maret 2020
b). Tahap Final
Tingkat SMA/MA
Hari/Tgl Kegiatan : Kamis, 19 Maret 2019
Peserta : 6 tim (12 orang)
Tingkat Mahasiswa
Hari/Tgl Kegiatan : Jum’at, 25 Maret 2019
Peserta : 6 tim (12 orang)
6. Fun Walk With Physics Edu
Waktu Kegiatan : Pendaftaran : 1 Januari 2020 – 28 Februari 2020
Pelaksanaan : 14 Maret 2020
Tempat kegiatan : FKIP ULM Banjarmasin
7. Futsalion (Futsal Competition)
Pendaftaran:
Hari/Tanggal : Senin, 9 Desember 2019 – Jum’at, 28 Februari 2020
Tempat : Sekretariat Himapsika FKIP ULM Banjarmasin
Technical Meeting:
Hari/Tanggal : Sabtu, 29 Februari 2020
Waktu : 16:00 WITA – selesai
Tempat : Ruang 22 FKIP ULM
Pelaksanaan Lomba:
Hari, Tanggal : Sabtu, 7 Maret 2020, Selasa, 10 Maret 2020 – Jum’at, 13 Maret 2020
Waktu : 15:00 WITA – selesai
Tempat : Lapangan Tumpang Lima FKIP ULM Banjarmasin
Sasaran Kegiatan
1. Seminar Nasional Pendidikan Fisika
Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa(i) Perguruan Tinggi se-Indonesia, Guru, dan Dosen. Total target peserta 75 pemakalah.
2. PHYSTON (Physics Competition)
Peserta terdiri dari siswa(i) SD/se-derajat, SMP/se-derajat & SMA/se- derajat di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ditargetkan berjumlah 380 tim .
3. Expo & Bazar
Sasaran kegiatan adalah para penjual makanan, minuman, dll.
4. Essam (Esai Mahasiswa)
Lomba Essam ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa(i) Perguruan Tinggi se-Indonesia (D1-S1).
5. LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional)
Peserta terdiri dari siswa(i) SMA/sederajat dan mahasiswa(i) berskala Nasional.
6. Fun Walk With Physics Edu
FunWalk ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa(i) program studi pendidikan Fisika, dosen-dosen program studi pendidikan Fisika dan juga oleh alumni mahasiswa pendidikan Fisika
7. Futsalion (Futsal Competition)
Seluruh mahasiswa aktif Universitas Lambung Mangkurat
Deskripsi Kegiatan
1. Seminar Nasional Pendidikan Fisika
Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2020 dengan tema “Penguatan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Mengembangkan Kreativitas dan Kompetitif pada Era Society 5.0” ini dilaksanakan secara daring di karenakan adanya wabah virus corona, namun pelaksanaannya tetap sukses dengan hadirnya para undangan tepat waktu dan dibuka oleh Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M.Sc. selaku Wakil Dekan I FKIP ULM. Acara dimulai pada pukul 08.00 WITA diawali dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan sesuai rundown acara yang telah disusun sebelumnya, hingga penutupan acara pada pukul 12:50 WITA. Waktu pelaksanaan acara pun sudah hampir sesuai dengan rancangan acara sebelumnya. Acara ini pun sudah sukses dengan hadirnya peserta Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2020 dan tamu undangan dari berbagai tingkatan seperti dosen-dosen di lingkungan FKIP, Wakil Dekan I FKIP ULM, ketua prodi pendidikan fisika beserta para dosen pendidikan fisika.
Seminar pemakalah dengan tema “Penguatan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Mengembangkan Kreativitas dan Kompetitif pada Era Society 5.0” ini menghadirkan pemakalah yang mempresentasikan hasil penelitiannya atau mempublikasikannya ke khalayak orang. Acara tersebut cukup sukses dilaksanakan dengan dimulainya pada pukul 01.30 WITA diawali dengan pembukaan oleh moderator tiap room kemudian dilanjutkan dengan pemakalah mepresentasikan hasil penelitiannya di hadapan para pemakalah lain dan khalayak orang. Tata cara presentasi yaitu total seluruh jumlah peserta yang sudah mengumpul pull paper dibagi menjadi 6 kelompok kemudian tiap kelompok melakukan presentasi dengan bergiliran terhadap peserta dari kelompok tersebut. Setelah selesai empat pemakalah dari kelompok tersebut maka pemakalah lain boleh bertanya dari yang dipresentasikan terhadap pemakalah lain. Selanjutnya setelah jika tidak ada yang bertanya lagi maka dilanjutkan oleh pemakalah selanjutnya dengan cara yang sama tersebut. Terakhir apabila semua pemakalah mempresentasikan hasil penelitiannya dan tidak ada pertanyaan lagi maka moderator menutup acara tersebut. Seminar pemakalah ini berakhir pada pukul 16.15 WITA yang diakhiri oleh moderator tiap room, dan akan diarahkan untuk kembali ke room utama mengenai arahan selanjutnya.
2. PHYSTON (Physics Competition)
Physics Competition atau disingkat Physton, merupakan perlombaan di bidang Fisika dengan sasaran pelajar SD, SMP dan SMA dengan tema “Mengembangkan Potensi Peserta Didik yang Kompetitif untuk Menghasilkan Generasi yang Berdaya Saing”. Physton adalah bagian dari rangkaian kegiatan Moment of General Physics Education yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPSIKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tujuan dari pelaksanaan Physton ialah untuk meningkatkan semangat belajar siswa SD/MI se-derajat, SMP/MTs se-derajat, dan SMA/MA se-derajat khususnya mata pelajaran Fisika, serta mengukur tingkat pemahaman mereka terhadap permasalahan-permasalahan dan konsep fisika yang tertuang dalam bentuk soal-soal hitungan, konsep, dan praktikum/percobaan.
Bentuk lomba peserta bersifat tim, dan setiap tim terdiri dari 2 orang. Target peserta SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA dari kelas 4, 5, dan 6 untuk SD/MI, 1, 2, dan 3 untuk SMP/MTs dan SMA/MA. Pendaftaran dari tanggal 4 Desember 2018 sampai 22 Februari 2019. Biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,-/tim (dari tanggal 4 Desember 2019 – 31 Januari 2020), Rp. 175.000/tim (dari tanggal 1 Februari – 21 Februari 2020), dan Rp 190.000,-/tim (daftar saat hari-H). Syarat pendaftaran yaitu mengisi formulir pendaftaran, fotocopy surat rekomendasi dari sekolah, dan kartu pelajar.
Secara garis besar, pelaksanaan Physton dibagi menjadi 3 tahap, yaitu babak penyisihan (dilaksanakan dalam bentuk rayon) serta babak semifinal dan final yang berpusat di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Ada 12 rayon dalam kompetisi ini yaitu :
1. Rayon 1: Kota Banjarmasin
2. Rayon 2: Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar
3. Rayon 3: Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Tapin
4. Rayon 4: Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Balangan
5. Rayon 5: Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Tabalong
6. Rayon 6: Kabupaten Barito Kuala
7. Rayon 7: Kabupaten Kapuas
8. Rayon 8: Kabupaten Tanah Laut
9. Rayon 9: Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru
10. Rayon 10: Kota Palangkaraya
11. Rayon 11: Kabupaten Kotawaringin Timur
12. Rayon 12 : Provinsi Kalimantan Timur
a). Materi SD/MI/sederajat
Besaran dan pengukuran, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, gaya gesekan, hubungan gaya dan gerak, berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, sumber energi alternatif, sifat-sifat bunyi, sifat-sifat cahaya, perpindahan kalor, pengaruh kalor, rangkaian listrik, penerapan sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari, produksi dan penyaluran energi listrik, tata surya.
b). Materi SMP/MTs/sederajat
Besaran dan pengukuran, perubahan fisika, suhu, pemuaian, kalor, dan perpindahan kalor, bentuk dan sumber energi, tata surya, gaya dan gerak, pesawat sederhana, tekanan zat padat, cair, dan gas, getaran, gelombang, bunyi, dan pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari, sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada cermin dan lensa, alat optik, interaksi antara muatan listrik, gaya listrik, potensial listrik, rangkaian listrik, kemagnetan.
c). Materi SMA/MA/sederajat
Babak Penyisihan
Babak penyisihan diselenggarakan pada tanggal 23 Februari 2020. Dalam babak ini peserta akan menjawab soal pilihan ganda sebanyak 40 soal untuk peserta SD serta 50 soal untuk peserta SMP dan SMA dengan waktu yang sama yaitu 120 menit atau 2 jam (setiap jawaban yang benar akan mendapat point +4, jawaban yang salah mendapat point -1, dan jawaban kosong mendapat point 0). Dari babak penyisihan akan diambil 20 tim terbaik yang terdiri dari 12 tim juara 1 dari masing-masing rayon dan 8 tim peraih nilai tertinggi dari gabungan semua nilai pada semua rayon, 20 tim ini akan masuk ke babak semifinal yang diadakan di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Babak Semi Final dan Final
Babak semifinal dan final akan dilaksanakan pada 16 Maret 2020 untuk tingkat SD, 17 Maret 2020 untuk tingkat SMP, dan 18 Maret 2020 untuk tingkat SMA. Bertempat di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Akan tetapi karena terjadi pandemi COVID- 19, hanya babak semifinal dan final SD/MI/Sederajat yang bisa dilaksanakan secara offline, sedangkan tingkat SMP/MTs/sederajat dan SMA/MA/sederajat dilaksanakan secara online.
Semi Final
Babak semifinal dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap soal khusus dan soal bintang. Pada babak semifinal 20 tim akan dibagi menjadi 4 kelompok (A,B,C, dan D ) masing-masing kelompok terdiri dari 5 tim yang dibagi secara acak. Pembagian kelompok dilakukan saat technical meeting (H-1 sebelum semifinal dilaksanakan). Pada tahap pertama ini masing-masing kelompok akan bermain secara bergantian, kelompok yang belum mendapat giliran diperbolehkan menunggu di dalam ruangan dengan tetap menjaga ketenangan saat lomba berlangsung. Memasuki tahap pertama yaitu soal khusus, tim yang pertama bermain akan memilih 1 dari 5 amplop soal khusus yang ada di meja dewan juri lalu menyerahkannya kepada MC untuk dibacakan. Untuk sesi pertama yaitu soal khusus berjumlah 3 soal yang diperuntukkan khusus untuk tim yang memilih amplop tersebut dan tidak dapat direbut oleh tim lain, setiap soal diberi waktu 2 menit untuk menjawab dan waktu terhitung sejak soal dibacakan dan setiap soal akan dibacakan 2 kali. Jika jawaban benar akan mendapat poin +100 dan jawaban salah mendapat poin 0. Sebelum menjawab peserta dipersilakan untuk mengangkat tangan terlebih dahulu, apabila peserta mengangkat tangan sebelum soal selesai dibacakan maka pembacaan soal akan dihentikan dan peserta dipersilakan menjawab. Jika dalam waktu 2 menit tidak dapat menjawab maka soal dianggap hangus. Alat tulis dan kertas akan disediakan oleh panitia, peserta tidak boleh membawa alat tulis serta alat bantu hitung baik HP ataupun Kalkulator. Setelah tim 1 selesai dilanjutkan tim selanjutnya, setelah selesai 5 tim bermain dilanjutkan ke tahap kedua yaitu soal bintang.
Tahap kedua yaitu amplop bintang, pada tahap ini terdapat 4 amplop bintang, setiap kelompok mendapat 1 amplop bintang yang berisi 5 soal yang akan diperebutkan oleh 5 tim pada masing-masing kelompok. Soal akan dibacakan oleh MC sebanyak 2 kali, setiap soal diberikan waktu 2 menit untuk menjawab dan waktu terhitung sejak soal dibacakan. Peserta dipersilakan menekan bel terlebih dahulu sebelum menjawab. Apabila ada tim yang menekan bel sebelum soal selesai dibacakan maka tim tersebut harus menjawab soal yang telah dibacakan. Apabila jawaban salah maka pembacaan soal dilanjutkan dan dapat direbut tim lain 1 kali. Bagi tim yang pertama menjawab apabila jawaban benar mendapat poin +100 dan jawaban salah poin 0. Bagi tim yang merebut apabila jawaban benar poin +100 dan jawaban salah -50. Kesempatan merebut untuk setiap soalnya hanya 1 kali. Jawaban yang disebutkan peserta adalah jawaban akhir. Pada babak semifinal ini baik tahap pertama atau kedua, jawaban yang disebutkan harus lengkap beserta satuannya, jika jawaban benar tetapi tidak menyebutkan satuan dengan lengkap maka jawaban dianggap salah. Tim yang masuk ke babak final berjumlah 5 tim diambil dari akumulasi nilai tertinggi dari masing-masing kelompok (A,B,C,D) dan 1 tim dari akumulasi keseluruhan.
Babak semifinal SMP/MTs/sederajat dan SMA/MA/sederajat dilakukan dengan sistem online . Dikarenakan sistem yang berubah, semula ada 20 tim yang masuk ke babak semifinal ditambahkan 1 tim sehingga totalnya menjadi 21 tim yang masuk ke babak semifinal, 1 tim yang ditambahkan diambil dari urutan ke-9 akumulasi nilai dari semua rayon. Dari 21 tim dibagi menjadi 3 kelompok (A,B,C). Masing-masing kelompok akan mendapat soal yang berbeda akan tetapi dengan tingkat kesulitan yang setara, tim yang berada dalam satu kelompok meskipun soal yang didapat sama akan tetapi urutannya akan berbeda-beda. Babak semifinal online dilaksanakan dengan bantuan website thinkexam ,Peserta tetap akan menjawab soal dengan teman satu timnya, tetapi hanya bisa login dengan satu komputer/PC. Peserta akan menjawab soal melalui website yang telah dibuatkan panitia. Soal berjumlah 50 soal dengan waktu menjawab 60 menit dan waktu terhitung sejak halaman soal pertama terbuka. Tes hanya bisa dilakukan satu kali, jika peserta keluar dari halaman website maka tes otomatis akan terhenti dan peserta dianggap telah menyelesaikan tes. Jawaban benar akan mendapat poin +4, jawaban salah mendapat poin -1 dan jawaban kosong mendapat poin 0. Tim yang masuk ke babak final berjumlah 5 tim diambil dari masing-masing kelompok (A,B,C) dan 2 tim hasil akumulasi dari semua tim.
Final
Dalam babak final akan kembali dilaksanakan dalam dua tahap yaitu praktikum dan rebutan. Tahap pertama yaitu praktikum. Setiap tim akan didampingi oleh satu asisten praktikum, peserta akan melakukan praktikum tanpa dibantu oleh pendamping, peserta diminta untuk menuliskan alat dan bahan, variabel-variabel yang digunakan dalam percobaan, definisi operasional dari setiap variabel, langkah kerja selama percobaan, setelah mendapatkan data hasil percobaan peserta lalu menganalisis dan memberikan kesimpulan sesuai dengan judul dan tujuan percobaan yang diminta oleh dewan juri. Waktu yang diberikan selama praktikum dan menulis laporan pada lembar yang disediakan oleh panitia adalah 15 menit. Setelah melakukan percobaan setiap peserta akan mempresentasikan hasil percobaannya dihadapan dewan juri dan setiap peserta akan menerima pertanyaan dari dewan juri. Setiap tim diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan lembar laporan praktikumnya dan waktu 3 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri. Tahap kedua adalah babak rebutan. Dalam babak ini, Dalam babak rebutan, akan dibacakan 20 butir pertanyaan dan tim yang paling cepat menekan bel akan diberikan kesempatan untuk menjawab. Jawaban benar +100, jawaban salah -50. Jika terdapat tim yang menekan bel sebelum soal selesai dibacakan, maka pembacaan soal akan dihentikan dan tim tersebut akan diminta untuk menjawab. Soal akan dianggap hangus jika setelah 3 menit soal selesai dibacakan tidak ada tim yang menekan bel. Peserta harus menjawab pertanyaan paling lama 10 detik setelah menekan bel. Jika tidak bisa menjawab maka poin akan dikurangi 50. Semua tahapan dalam babak final sepenuhnya dilakukan oleh dewan juri. Akumulasi untuk babak final 40% diambil dari nilai babak rebutan dan 60% dari praktikum. Nilai praktikum sendiri dibagi menjadi 2, 40% dari praktikum dan 60% dari sesi presentasi dan tanya jawab.
Babak final untuk tingkat SMP/MTs/sederajat dan SMA/MA/sederajat dilaksanakan secara online. Pada babak final peserta diminta membuat video praktikum sesuai dengan kompetensi dasar (KD) yang telah ditentukan oleh panitia. Peserta akan melalukan praktikum tanpa dibantu oleh guru pendamping. Peserta akan menuliskan alat dan bahan, variabel- variabel yang digunakan dalam percobaan, definisi operasional dari setiap variabel, langkah kerja selama percobaan, setelah mendapatkan data hasil percobaan peserta lalu menganalisis dan memberikan kesimpulan sesuai dengan judul dan tujuan percobaan yang diberikan pada LKS yang disediakan panitia. LKS yang telah diisi kemudian dikirimkan kembali ke panitia melalui e-mail panitia. Peserta diberikan waktu 1 minggu untuk membuat video praktikum yang kemudian akan dikirimkan kepada panitia untuk penilaian dan di upload pada channel Youtube HIMAPSIKA. Untuk babak final semua penilaian dilakukan oleh dewan juri yang merupakan dosen di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM. Pada babak final online ini juga terdapat juara favorit yang diambil dari jumlah like terbanyak pada channel Youtube HIMAPSIKA.
Adapun hadiah yang akan diperebutkan oleh peserta ialah:
Juara I: Piala bergilir Rektor ULM + Piala bergilir Physics Competition + Piala Juara + Piagam Penghargaan + Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.500.000
Juara II: Piagam Penghargaan + Piala + Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.250.000
Juara III: Piagam Penghargaan + Piala + Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.000.000 Juara
Harapan I: Piagam Penghargaan + Piala+ Uang Pembinaan sebesar Rp.750.000 Juara
Harapan II: Piagam Penghargaan + Piala + Uang Pembinaan sebesar Rp.500.000
Juara Favorit : Piagam Penghargaan
3. Expo & Bazar
Kegiatan ini bertemakan “Membangun jiwa produktif untuk terbentuknya generasi yang kreatif dan inovatif”. Di Bazar ada stand- stand yang menjual berbagai macam makanan, minuman dan lain-lain. Selain itu juga ada hiburan berupa akustik dan perlombaan catur oleh mahasiswa (i) pendidikan fisika. Adapun diExpo memperlihatkan eksperimen oleh mahasiswa(i) pendidikan fisika dengan menonjolkan kekhasan ilmu fisika.
4. Essam (Esai Mahasiswa)
Kegiatan lomba essam berjalan dengan tema “Resolusi konflik untuk generasi yang berintegritas dan berdaya saing.” Pada pendaftaran, pengiriman dan penerimaan naskah panitia akan melayani pertanyaan, mengkonfirmasi pembayaran pendaftaran, serta menyeleksi naskah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pada penilaian naskah panitia akan merekap seluruh naskah yang telah diterima, dan menyerahkan naskah pada juri untuk selanjutnya mendapatkan penilaian. Penilaian dilakukan oleh dua orang juri yang hasil penilaiannya akan kalkulasikan untuk mendapatkan pemenang lomba. Pengumuman pemenang merupakan puncak kegiatan yang kemudian disampaikan secara personal maupun secara resmi.
5. LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional)
Acara ini merupakan kegiatan yang orientasinya kepada pelajar SMA/sederajat dan Mahasiswa berskala nasional dengan mekanisme lomba terbagi atas tiga tahap yaitu tahap pertama seleksi abstrak, tahap kedua seleksi naskah, dan tahap ketiga atau tahap final. Seleksi tahap abstrak dilakukan dengan memilih 100 abstrak terbaik dari peserta. Kemudian, 100 tim ini akan mela akan mengirimkan full paper dan melakukan daftar ulang. Kemudian tahap kedua, Tim yang telah mengirim full paper dan mendaftar ulang akan dilakukan penilaian naskah karya tulis dan penyeleksian hingga tersisa 6 tim terbaik. Kemudian, tahap tiga atau final yaitu enam tim terbaik yang terpilih pada tahap kedua akan melakukan presentasi atas karya tulis yang telah dibuat.
Tema kegiatan LKTIN tingkat SMA/sederajat yaitu “Raih Jiwa Kreatif dan Kompetitif sebagai Awal Era Society 5.0”
6. Fun Walk With Physics Edu
FunWalk merupakan suatu kegiatan yang mewujudkan rasa peduli mahasiswa pendidikan Fisika akan kesehatan tubuh dan juga rasa peduli untuk selalu mempererat kebersamaan (silaturahmi), karna pada kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa angkatan atas, bawah dan juga baru, namun kegiatan ini juga diikuti oleh dosen-dosen program studi pendidikan Fisika dan juga oleh alumni mahasiswa pendidikan Fisika, sehingga diharapkan silaturahmi akan selalu terjaga dalam program studi pendidikan Fisika. Tema kegiatan lomba FunWalk ini adalah “1 langkah sehat guna merekatkan kebersamaan”. Pada tahun ini, FunWalk memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya, karna tidak hanya jalan santai, namun terdapat juga senam pagi. Tujuan adanya senam pagi ini untuk meregangkan otot-otot tubuh sekaligus sebagai pemanasan dan juga untuk menciptakan kebersamaan dalam program studi pendidikan fisika. Senam yang dilakukan adalah senam SKJ 2012 dan juga Senam Famire. Setelah senam peserta akan melanjutkan dengan jalan santai melewati rute yang diberikan. Setelah melakukan jalan santai peserta kan beristirahat sambil memakan atau mengonsumsi makananya yang telah disediakan. Acara dilanjutkan dengan acara games bersama, adapun permaianan yang dimainkan adalah: rantai sarung, tarik tambang dan asinan. Dan pada setiap games akan diselingi dengan pembagian kupon berhadiah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan rasa kebersamaa dan peduliakan kesehatan dan juga bentuk kegiatan untuk mengurangi polusi udara dari alat transformasi. Tahun ini dirasakan target mencukupi lebih dari 120 orang peserta.
7. Futsalion (Futsal Competition)
Acara ini merupakan yang orientasinya kepada tim futsal yang berasal dari Program studi yang ada di Universitas Lambung Mangkurat oleh mahasiswa yang aktif, dengan mekanisme lomba yang telah ditetapkan oleh panitia dengan tema “Menumbuhkan Solidaritas Berkompetisi dengan Menjunjung Tinggi Sportifitas”.










