Latar Belakang
Salah satu upaya meningkatkan kualitas lulusan pergurun tinggi di Indonesia adalah melalui program kreativitas mahasiswa (PKM). PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional (Ditjen Dikti, 2017). Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang perlombaan bagi mahasiswa untuk menghadapi krisis SDM yang terjadi pada bangsa Indonesia saat ini. Dalam diri setiap mahasiswa tentu memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan ide, gagasan serta kreatifitas apabila dituangkan dan dipublikasikan kemasyrakat terpenuhinya kepentingan masyarakat luas.
Nama Kegiatan
Kegiatan ini dinamakan “PELATIHAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)”
Tema Kegiatan
Tema pada kegiatan ini ialah “MENCIPTAKAN MAHASISWA YANG KREATIF, INOVATIF, DAN BERDAYA SAING TINGGI MELALUI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA”
Tujuan Kegiatan
1. Diharapkan bahwa Mahasiswa Pendidikan Fisika dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi nya sebagai anak bangsa dan dapat menciptakan inovasi – inovasi baru yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar. Selain itu dengan mengikuti pelatihan PKM ini menandakan bahwa mahasiswa pendidikan fisika dapat bersaing dengan para mahasiswa lainnya baik yang berbeda jurusan maupun Universitas.
2. Melaksanakan tri darma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat.
3. Meningkatkan sikap tanggung jawab secara intelektual, sosial dan moral mahasiswa.
4. Sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan diri.
Bentuk Kegiatan
Sebagai langkah awal persiapan pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bertujuan untuk mendorong inovasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP ULM mengadakan pelatihan PKM 2023. Kegiatan Pelatihan PKM ini dilaksanakan pada Jumat, tepatnya tanggal 18 Agustus 2023, yang dihadiri dengan antusias oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang berasal dari berbagai angkatan, mulai dari angkatan 2020 hingga angkatan 2022.
Dalam rangka memastikan kelancaran acara tersebut, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP ULM memilih Bapak Fauzie Rahman, SKM., MPH sebagai pembicara utama. Bapak Fauzie Rahman adalah seorang pakar di bidangnya dan memiliki pengalaman sebagai juri dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) pada tahun 2022. Keahlian dan pengalamannya yang kaya telah memberikan nuansa yang mendalam pada pelatihan tersebut, memberikan wawasan yang lebih luas kepada para peserta.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM, yaitu Bapak Abdul Salam M, M.Pd. Acara pelatihan ini telah diorganisir dengan baik menjadi dua sesi yang terstruktur. Sesi pertama mencakup penyampaian materi, di mana peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang konsep dasar PKM, metodologi penelitian, serta tips dan strategi untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam proposal PKM. Sedangkan sesi kedua berfokus pada review proposal oleh pemateri, di mana para peserta mendapatkan umpan balik yang konstruktif terhadap proposal yang telah mereka susun.
Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa Pendidikan Fisika dapat lebih siap dan percaya diri dalam mengambil bagian dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) edisi berikutnya, serta mampu menghasilkan kontribusi nyata dalam bidang ilmiah dan inovatif melalui pengembangan ide-ide brilian yang dapat diimplementasikan dalam proposal PKM mereka.
Waktu dan Tempat Kegiatan
Hari, tanggal : Jumat, 18 Agustus 2023
Waktu : 10.00 – 15.10 WITA
Tempat : Zoom Meeting
Sasaran Kegiatan
Mahasiswa Aktif Pendidikan Fisika FKIP ULM
Hasil Kegiatan
Kegiatan ini menumbuhkan dan mengembangkan potensi akademik, inovatif, dan kreatif para mahasiswa, sekaligus menggambarkan pentingnya pemberian bekal pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kepada mahasiswa. Melalui serangkaian materi yang telah disajikan dengan jelas dan mendalam oleh narasumber yang berpengalaman, mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini telah berhasil meningkatkan pemahaman mereka tentang esensi dan metodologi PKM serta mendapatkan pandangan yang lebih komprehensif tentang cara mengembangkan ide-ide kreatif menjadi proposal yang solid dan terarah. Proses review proposal oleh pemateri di sesi kedua juga memberikan nilai tambah yang berharga, dengan memberikan umpan balik yang konstruktif yang mendorong peserta untuk lebih mengasah dan memperbaiki proposal-proposal mereka dengan tujuan meningkatkan kualitas serta mendekati standar yang diharapkan dalam kompetisi-kompetisi ilmiah.
Hasil yang telah didapat dari pelatihan PKM ini tidak hanya terbatas pada peningkatan pemahaman teoritis, tetapi juga dapat dilihat dari peningkatan keterampilan praktis peserta dalam mengidentifikasi permasalahan, merumuskan tujuan yang jelas, mengembangkan metodologi penelitian yang tepat, dan menyusun proposal yang tersusun secara logis dan koheren. Selanjutnya, hasil pelatihan ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan, tidak hanya bagi para peserta langsung, tetapi juga bagi lingkungan akademik di FKIP ULM secara keseluruhan, dengan mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah, riset, dan pengembangan inovatif yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada kemajuan dan perbaikan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan dalam skala yang lebih luas.


